Cara Setting DNS Domain (Custom Domain Blogspot)


Fungsi dari setting DNS (Domain Name Server) adalah untuk melakukan encode atau menerjemahkan nama domain ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP, dengan IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi seperti Server Domain, Server Hosting, Server Proxy dan sebagainya.
Berikut cara melakukan setting DNS, karena saya merupakan pelanggan Rumahweb, maka sebagai screenshotnya menggunakan halaman dari rumahweb, untuk webhosting lain mungkin sama saja hanya formulirnya agak berbeda, berikut cara-caranya :
1. Login ke clientzone Rumahweb di url http://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php
2. Klik menu “Domains” > “Domainku”
3. Klik tombol “Manage Domain” dikanan nama domain yang akan disetting DNS-nya
4. Klik menu “Management Tools” > “Manage DNS”
5. Dari halaman DNS Management, pilih jenis record yang akan ditambahkan. Untuk contoh kali ini adalah penambahan “A record”. Klik tombol “Manage A record” kemudian klik “Add a new Record”.
6. Contoh gambar di bawah kali ini menambahkan record DNS untuk setting custom domain ke blogspot.
  1. Pada kolom "Hostname" ketikkan  "@"
  2. Pada kolom "Destination IPv4 Address" ketikkan "216.239.32.21" (tanpa tanda kutip). Klik "Add Record".
  3. Klik lagi "Add A Record" kemudian pada kolom  "Destination IPv4 Address" ketikkan "216.239.34.21" (tanpa tanda kutip). Klik "Add Record".
  4. Klik lagi "Add A Record" kemudian pada kolom  "Destination IPv4 Address" ketikkan "216.239.36.21" (tanpa tanda kutip). Klik "Add Record".
  5. Klik lagi "Add A Record" kemudian pada kolom  "Destination IPv4 Address" ketikkan "216.239.38.21" (tanpa tanda kutip). Klik "Add Record".
  6. Pada kolom"TTL" kosongkan saja apa bila tidak tahu. Klik “Add Record” untuk menyimpan perubahan.
7. Apabila berhasil, akan muncul informasi bahwa proses penambahan record telah berhasil dilakukan.
Setting DNS memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam, sehingga jika domain belum bisa diakses / belum mengarah ke setting DNS maka kemungkinan karena propagasinya belum selesai dan tinggal menunggu sampai propagasinya selesai.
Untuk menghapus record DNS yang sudah dibuat adalah dengan cara menekan tombol “Delete” pada baris yang sama dari record yang akan di hapus.


1 Response to "Cara Setting DNS Domain (Custom Domain Blogspot)"